• Lebih Untung Mana Membuka Usaha Sendiri Atau Membeli Kemitraan

    Lebih Untung Mana Membuka Usaha Sendiri Atau Membeli Kemitraan

    Saat ini banyak sekali strategi yang bisa anda lakukan untuk memulai usaha, membuka usaha sendiri, bisa juga membeli franchise atau kemitraan.

    Artikel ini khusus membahas untung rugi jika membuka usaha sendiri atau membeli kemitraan. Kedua hal ini pada dasarnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu keputusan untuk membuka usaha sendiri atau membeli kemitraan/franchise, sebaiknya terelebih dahulu mempertimbangkan minat, kemampuan, sumber daya yang dimiliki dan komitmen kita dalam menjalankan bisnis tersebut.

    Membuka usaha sendiri atau membli kemitraan/franchise, pada dasarnya baik terlebih jika anda menjalankanya sesuai passion kita. Jika kita ingin membandingkan keduanya maka anda dapat menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Berikut adalah perbandingan membuka usaha sendiri dan membeli kemitraan/franchise :

    1. Merek Dagang

    Jika membuka usaha sendiri anda menggunakan merek anda sendiri yang butuh waktu untuk mengenalkan merek anda sendiri. Jika membeli kemitraan anda menggunakan merek yang terkenal.

    2. Produk Yang Dijual

    Jika membuka usaha sendiri konsumen belum/baru mengenal usaha produk anda. Jika membeli kemitraan orang lain sudah mengenal produk yang anda jual.

    3. Lokasi

    Jika membuka usaha sendiri, mungkin anda belum bisa menentukan tempat yang tepat untuk menjual produk anda. Jika membeli kemitraan franchisor akan turun atau memeberikan saran dalam memilihkan tempat untuk usaha anda.

    4. Training / Pembinaan

    Jika anda memulai usaha sendiri makan anda tidak mendapatkan pasilitas untuk dibina dalam menjalankan usaha anda. Anda harus memperdalam senidri keilmuan anda dalam mengembangkan bisnis anda. Jika anda membeli kemitraan biasanya anda mendapatkan bimbingan dari pemberi kemitraan dalam menjalankan usaha anda, agar usaha anda dapat berkembang.

    5. Bisnis Yang Teruji

    Jika usaha sendiri, karena masih pemula maka ujuan yang datangpun begitu banyak, karena pengalaman kita yang baru dalam menjalankanya. Tetapi anda harus kuat mental karena itu salahsatu ujian dalam menjalankan usaha. Jika anda membeli kemitraan maka usaha yang anda jalani sudah teruji terelbih dahulu oleh orang yang menjual kemitraanya pada anda.

    6. Promosi

    Jika baru membuka usaha seniri, anda harus kuat dalam mempromosikan usaha anda dengan terus menerus. Tetapi jika anda memebli kemitraan anda akan di bantu promosi oleh si penjual kemitraan, biasanya setiap ada mitra baru di sebutkan keberadaan lokasinya dimana.

    7. Suplier

    Dengan usaha sendiri anda bebas menentukan suplier / tempat anda belanja. Jika membeli kemitraan and di wajibkan untuk membeli produk ke si penjual kemitraan atau biasa di sebut dengan repeat order.

    8. Kepemilikan

    100% usaha yang anda buka adalah milik anda sendiri. Jika anda membeli kemitraan usaha anda memiliki ikatan perjanjian dengan si penjual kemitaan, dan anda tidak bisa menjual kemitraannya.


    Dari pemaparan di atas terlihat kelebihan dan kekurangan antara membuka usaha sendiri atau membeli kemitraan. Dengan mempertimbangkan kelebihan masing-masing, keputusan anda pada diri anda. Jika anda ingin tidak terikat maka buka usahalah sendiri, dengan syarat anda dapat komitmen untuk menjalankan usaha anda sampai sukses dan tidak sampai berehenti di tengah jalan. Dan Jika anda ingin punya mentor yang membimbing anda untuk sukses, dan usahanya sudah teruji maka bukalah usaha dengan membeli kemitraan.

    Sekian dari saya, semoga bermanfaat


  • 0 Post a Comment:

    Post a Comment

    Categories

    Credits

    Design by - Blogger Templates

    Main Tags

    About Us

    Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's.

    Updates

    {getWidget} $results={3} $label={recent} $type={list2}

    JSON Variables

    Comments

    {getWidget} $results={3} $label={comments} $type={list1}