• Keutamaan Shalat Berjamaah di Shaf Pertama

    Keutamaan Shalat Berjamaah di Shaf Pertama

    Kalau seandainya manusia mengetahui besarnya pahala yang ada panggilan (adzan) dan shaf pertama kemudian dia tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan undian maka pasti mereka akan mengundinya. Dan kalaulah mereka mengetahui besarnya pahala yang akan di dapatkan karena beregera menuju shalat maka mereka pasti akan berlomba-lomba (untuk menghadirinya).

    Dan kalaulah seandainya mereka mengetahui besarnya pahala yang akan di dapatkan dengan mengerjakan shalat isya dan subuh,  maka pasti mereka akan mendatanginya meskipun harus merangkak. " (HR. Bukhari no. 69 dan Muslim no. 437)

    Kawan-kawan setelah kita baca sebuah hadist di atas kita bisa memahami bagaimana besar nya Keutamaan Shalat di Shaf Pertama. Shalat di shaf di shaf pertama mempunyai keutamaan dan keistimewaan,  dimana Rasullah SAW mengabarkan bahwa shaf yang terbaik bagi lelaki adalah yang paling depan sementara yang terjelek adalah shaf yang paling belakang. Karenanya beliau mengingatkan agar jangan sampai seseorang itu sengaja terlambat dan tidak mau berada di shaf terdepan,  karena hal itu akan menjadi sebab Allah Ta'ala juga akan mengundurkan diri Rahmat dan keutamaanNya kepada orang tersebut.

    Seperti yang dikutip dari Abu Said Al Khudri bahwa Rasulullah SAW melihat para sahabatnya terlambat,  maka beliau bersabda kepada mereka:

    "Kalian majulah ke depan dan bermakmumlah di belakangku,  dan hendaklah orang yang datang setelah kalian bermakmum di belakang kalian. Terus-menerus suatu kaum itu membiasakan duri terlambat mendatangi shalat,  sehingga Allah juga mengundur mereka (masuk kedalam syurga)." (HR. Muslim no. 437)

    Hadist di atas sangat jelas menerangkan ketika seseorang menjadi makmum yang datang pertama karena keutamaan yang sangat besar.

    Sebagaimana yang tersebut dalam hadist Abu Hurairah di atas,  hukum ini hanya berlaku bagi jamaah lelaki.  Adapun bagi jamaah wanita maka shaf terbaik bagi mereka adalah shaf belakang.  Karena tempat tersebut lebih terpisah dari laki-laki dan kemungkinan kecil suara mereka kecil suara mereka terdengar oleh laki-laki.

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata :
    Rasullah SAW bersabda :


    "Sebaik-baik shaf kaum laki-laki adalah di depan, dan sejelek-jeleknya adalah paling belakanh. Dan sebaik-baiknya shaf wanita adalah paling belakang, dan sejenak jeleknya adalah di depan." (HR.  Muslim no. 440)

    Oleh karena itu para pembaca khususnya laki-laki mudah-mudahan dapat istiqomah untuk tetap shalat berjamaah di masjid dan bisa mendapatkan shaf pertama. Aamiin
  • 0 Post a Comment:

    Post a Comment

    Categories

    Credits

    Design by - Blogger Templates

    Main Tags

    About Us

    Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's.

    Updates

    {getWidget} $results={3} $label={recent} $type={list2}

    JSON Variables

    Comments

    {getWidget} $results={3} $label={comments} $type={list1}